Report Pertemuan Ke-14 : Kepuasan Pelanggan

 

Dosen : Dr. Amril Muhammad, SE, MPd.

Mata kuliah : Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

 

Senin, 27 Mei 2013 bertempat di Gedung Daksinapati MP FIP UNJ berlangsung perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa dalam Pendidikan yang bertemakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan diperoleh setelah konsumen merasakan produk yang dibelinya. Kepuasan pelanggan merupakan pertemuan antara fakta dari produk yang dihasilkan perusahaan dan harapan yang diinginkan konsumen.

Konsumen akan berpindah berpindah membeli produk dari perusahaan yang lain karena ada hal yang tidak memuaskan konsumennya. Perusahaan yang menginginkan timbulnya loyalitas kepercayaan pelanggan diperlukan proses yang lama dan panjang. Kepercayaan berhubungan dengan produk yang ditawarkan perusahaan dengan konsumen.

Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang setia terus menerus membeli produk yang memiliki merek tertentu karena produk yang dibeliya tersebut memberikan hasil maksimal. Cara yang dilakukan untuk membuat pelanggan loyal dengan produk kita adalah memberikan perlindungan, mengukur kepuasan pelanggan dengan sistem keluhan dan saran.

Perlindungan diberikan melalui garansi pada produk yang dibeli dalam kurun waktu tertentu. Pengukuran kepuasan pelanggan dengan cara sistem keluhan dan saran maksudnya memberikan sarana untuk konsumen mengemukakan pendapatnya mengenai pelayanan yang disediakan pada perusahaan tersebut.

 

Nama : Dita Rosmaya

NIM    : 145110638

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s